1. Thales
(625-545 SM)
Nama Thales muncul atas penuturan
sejarawanHerodatus pada abad ke-5 SM. Thales sebagai salah satu dari tujuh
orang yang bijaksana (Seven Wise Men of Greece). Aristoteles memberikan
gelar The Father of Filoshopy.juga menjadi penasihat teknis ke-21 kota
lonia. Salah satu jasanya yang besar adalah meramal gerhana matahari pada tahun
585 SM.
Thales berpendapat bahwa dasar pertama
atau intisari alam ialah air.
Thales mengembangkan filsafat alam
kosmologi yang mempertanyakan asal mula, sifat dasar dan struktur komposisi
daria alam semesta. Sebagai ilmuwan pada masa itu ia mempelajari magnetisme dan
listrik yang merupakan pokok soal fisika.
Juga mengembangkan astronomi dan
matematika dengan mengemukakan pendapat, bahwa bulan bersinar karena
memantulkan cahaya matahari. Dengan demikian, Thales merupakan ahli matematika
yang pertama dan jugaThe Father of Deductive reasoning (bapak penalaran
deduktif).
Xenophanes lahir di Xolophon, Asia Kecil. Waktu berumur 25 tahun ia mengembara ke Yunani. Ia lebih tepat dikatakan sebagi penyair dari pada ahli pikir (filosof), hanya karena ia mempunyai daya nalar yang kritis yang mempelajari pemikiran-pemikiran filsafat pada saat tu. Namanya menjdai terkenal arena untuk pertama kalinya ia melontarkan anggapan bahwa adanya konflik antara pemikiran filsafat (rasional)dengan mitos.
Heraclitos lahir di Epesus, sebuah kota perantauan di Asia Kecil dan merupakan kawan dari Pythagoras dan Xenophanes, akan tetapi ia lebih tua. Ia mendapat julukan si gelap karena untuk menulusuri gerak pemikirannya sangat sulit. Hanya dengan melihat fragmen-fragmennya , ia mempunyai kesan hati yang tinggi dan sombong , sehingga ia mudah mencela kebanyakan manusia untuk mengatakan jahat dan bodoh, juga mencela orang –orang yang terkemuka di Yunani.
Parmenides lahir di kota Elea, kota perantauan Yunani di Italia Selatan, Arena. ia di lahirkan di Elea, maka penganutnya disebut kaum Elea. Kebesarannya sama dengan kebesaran Heraclitos. Ia lah yang pertama kali memikirkan tentang hakikat tentang ada (being).
Zeno lahir di Elea , dan murid dari Parmenides. Sebagai murid ia dengan gigih mepertahankan ajaran gurunya dengan cara memberikan argumentasi secara baik sehingga kemudian hari ia dianggap sebagai peletak dasar dialektika.
Lahir di Akragos, Pulau Sicilia, ia sangat dipengaruhi oleh ajaran kaum Ptagorean dan aliran keagamaan refisme. Ia pandai dalam bidang kedokteran, penyair retorika, politik dan pemikir. Ia menulis karyanya dalam bentuk puisi , seperti Parmenides.
Ia dilahirkan di kota Klazomenai, Lonia, kemudian menetap di Athena selama 30 tahun. Anaxagoras adalah ahli pikir yang pertama yang berdomisili di Athena , dimana dikemudia hari Athena inlah menjadi pusat utana perkembangan filsafat yunani samapi abad ke 2 SM.
Ia lahir di kota Abdera di pesisir Thrake di Yunani Utara. Karena ia berasal dari keluarga yang kaya raya, maka dengan kekayaannya itu ia bepergian ke Mesir dan negeri –negeri Timur lainnya. Dari karya-karyanya ia telah mewariskan sebanyak 70 karangan tentang bernacam-macam masalah seperti, kosmologi, matematika, astronomi, logika, etika, teknik, mesin, puisi dan lain-lain. Sehingga ia dipandang sebagai seorang sarjana yang menguasai banyak bidang.
Dalam sejarah Matematika, Thales
dianggap sebagai pelopor geometri abstrak yang didasarkan kepada petunjuk
pengukur banjir, yang implementasinya dengan membuktikan dalil-dalil geometri
yang salah satunya : bahwa kedua sudut alas dari suatu segitiga sama kaki
adalah sama besarnya.Walaupun pandangan –pandangan Thales benyak yang kurang
jelas, akan tetapi pendapatnya merupakan percobaan pertama yang masih sanagt
sederhana dengan menggunakan rasio(akal pikiran).
2. Anaximandros
(640-546 SM)
Anaximandros adalah orang pertama yang
mengarang suatu traktat dalam kesusastraan Yunani dan berjasa dalam bidang
astronomi, geografi,sehingga ia sebagai orang pertama yang membuat peta bumi.ia
berhasil memimpin sekelompok orang yang membuat kota baru di Apollonia,
Yuanani. Anaximandros mengatakan bahwa dasar
pertama itu ialah zat yang tak tertentu sifat-sifatnya, yang dinami to
apeiron.adapun anaximenes (590-528) mengatakan bahwa intisari alam atau
dasarnya pertama adalah udara.
karena udaralah yang meliputi seluruh alam serta
udara pulalah yang menjadikan dasar hidup bagi manusia yang mat diperlukan oleh
nafasnya.
Anaximander mencoba menjelaskan bahwa
substansi pertama itu bersifat kekal dan ada dengan sendirinya
(Mayer,1950:19).anaximander menagatakan itu udara. Udara merupakan segala
sumber kehidupan , demikian alasannya.
3. Pythagoras
(± 572-497 SM)
Mengenai riwayat hidupnya , ia
dilahirkan di pulau Samos, Lonia.tanggal dan tahunnya tidak diketahui pasti. Ia
juga tidak meninggalkan tulisan-tulisan sehingga apa yang perlu diketahui
Pythagoras diperlukan kesaksian-kesaksian. Menurut Aristoxenos seorang murid
Aristoteles, Pythagoras pindah ke kota kroton, Italia Selatan karena tidak
setuju dengan pemerintahan Polykrates yang bersifat tirani. Di kota ini ia
mendirikan sekolah agama, selama 20 tahun di kroton, kemudian pindah ke
Metapontion dan meninggal di kota ini.
Pemikirannya , substansi dari semua
benda adalah bilangan dan segala gejala alam merupakan pengungkapan inderawi
dari perbandingan-perbandingan matematis. Bilangan merupakan intisari
dasar poko dari sifat-sifat benda (Number rules the universe = bilangan memerintah
jagat raya).pemikirannya tentang bilangan, ia mengemukakan bahwa setiap
bilangan dasar dari 1 sampai 10 mempunyai kekuatan dan arti sendiri-sendiri.
Satu adalah asal mula segala sesuatu sepuluh, dan sepuluh adalah bilangan
sempurna. Bilangan gasal (ganjil) lebih sempurna daripada bilangan genap dan
identik dengan finite (terbatas). Salah seorang penganut Pythagoras
mengatakan bahwa tuhan adlah bilangan tujuh, jiwa itu bilangan enam, badan itu
bilangan empat.
Pythagoras juga ada sedikit
memfilsafatkan manusia, ia mengemukakan pendapat bahwa pada manusia adalah
sesuatu yang bukan jasmani dan yang tak dapat mati, yang masih terus ada , jika
manusia sudah tak ada. Manusia menurut Pythagoras mempunyai jiwa dan jiwa itu
sekarang terhukum dan terkurung dalam badan. Maka dari itu , manusia harus
membershkan diri untuk melepaskan dirinya dari kurungan dan dengan demikian
dapatlah ia masuk ke dalam kebahagiaan.
Pythagoras yang mengataka pertama kali
bahwa alam semesta itu merupakan satu keseluruhan yang teratur, sesuatu yang
harmonis seperti dalam musik. Sehingga ia juga dikenal sebagai ahli ilmu pasti
dan juga ahli musik. Dia berpendapat bahwa keharmonisan dapt tercapai dengan
menggabungkan hal-hal yang berlawanan, seperti :
§ Terbatas – tak terbatas
§ Ganjil – genap
§ Satu – banyak
§ Laki-laki – perempuan
§ Diam – gerak
§ Dan lain-lain
menurut Pythagoras kearifan yang
sesungguhnya hanya dimilki oleh Tuhan saja, oleh karenanya ia tidak mau disebut
sebagai seorang yang arif seperti Thales, akan tetapi menyebut dirinya philosopos yaitu
pencipta kearifan. Kemudian istilah inilah yang digunakan menjadi philosofia
yang terjemahan harfiah dalah cinta kearifan atau kebjaksanaan sehingga sampai
sekarang secara etimologis dan singkat sederhana filsafat dapat diartikan
sebagai cinta kearifan atau kebijaksanaan (Love of Wisdom).
4. Xenophanes
(570 - ? SM)
Xenophanes lahir di Xolophon, Asia Kecil. Waktu berumur 25 tahun ia mengembara ke Yunani. Ia lebih tepat dikatakan sebagi penyair dari pada ahli pikir (filosof), hanya karena ia mempunyai daya nalar yang kritis yang mempelajari pemikiran-pemikiran filsafat pada saat tu. Namanya menjdai terkenal arena untuk pertama kalinya ia melontarkan anggapan bahwa adanya konflik antara pemikiran filsafat (rasional)dengan mitos.
Pendapatnya yan termuat dalam kritik
terhadap Homerus dan Herodotus, ia membantah adanya antromorfosisme Tuhan-Tuhan,
yaitu Tuhan diganbarkan sebagai (seakan-akan) manusia. Karena manusia selalu
memilki kecendrungan berfikir dan lain-lainnya. Ia juga membantah bahwa Tuhan
bersifat kekal dan tidak mempunyai permulaan. Ia juga menolak anggapan bahwa
Tuhan mempunyai jumlah yang banayk dan menekankan atas keeasaan Tuhan. Kritik
ini ditujukan kepada anggapan-anggapan lama yang berdasarkan pada mitologi.
5. Heraclitos
(535 – 475 SM)
Heraclitos lahir di Epesus, sebuah kota perantauan di Asia Kecil dan merupakan kawan dari Pythagoras dan Xenophanes, akan tetapi ia lebih tua. Ia mendapat julukan si gelap karena untuk menulusuri gerak pemikirannya sangat sulit. Hanya dengan melihat fragmen-fragmennya , ia mempunyai kesan hati yang tinggi dan sombong , sehingga ia mudah mencela kebanyakan manusia untuk mengatakan jahat dan bodoh, juga mencela orang –orang yang terkemuka di Yunani.
Pemikiran filsafatnya terkenal dengan
filsafat menjdai. Ia mengemukakan bahwa segala sesuatu (yang ada itu) sedang
menjadi dan selalu berubah. Sehingga ucapannya yang terkenal :Panta rhei kai
uden menci yang artinya segala sesuatunya mengalir bagaikan arus sungai
dan tudak satu orangpun yang dapat masuk ke sungai dua kali. Alsannya, karena
air sungai yang pertama telah mengalir , berganti dengan air yan berada di
belakanganya. Demikian juga dengan segala yang ada, tidak ada yang tetap,
semuanya berubah. Akhirnya dikatakan bahwa hakikat dari segala sesuatu adalah
menjadi, maka filsafatnya dikatakan filsafat menjadi.
Menurut Heraclitos alam semesta ini
sealu dalm keadaan berubah , sesuatu yang dingin berubah menjadi panas, yang
panas berubah menjadi dingin. Itu berarti kita hendak memahami kehidupan
kosmos, kita meati menyadari bahwa kehidupan kosmos itu dinamis. Kosmos itu
tidak pernah berhenti (diam), ia selalu bergerak, dan bergerak berarti berubah.
Gerak itu menghasilkan perlawanan-perlawanan . itulah sebabnya ia sampai pada
kongkulasi bahwa yang mendasar dalam alam semesta ini bukanlah baha
(stuff)-nya seperti yang dipertanyakan oleh para filosof yang pertama itu,
melainkan prosesnya (Warner, 1961:28). Penyataan “semua mengalir” berarti semua
berubah bukanlah pernayatan yang sederhana. Implikasi pernyataan tersebut amat
hebat. Dan tu mengandung pengertian bahwa kebenaran seallau berubah, tidak tetap.
Pengertian adil pada hari ini belum tentu masih benar besok. Hari
ini 2 x 2 = 4 namun besok dapat juga bukan empat. Pandangan ini
merupakan warna dasar flsafat sofisme.
Menurut pendapatnya, di alam arche
terkandung sesuatu yang hidup (seperti roh ) yang disebut sebagai logos ( akal
atau semacam wahyu) . logos inilah yang menguasai sekaligus mengendalikan
keberadaan segala sesuatu. Hidup manusia akan selamat sesuai dengan logos.
6. Parmenides
(540-475 SM)
Parmenides lahir di kota Elea, kota perantauan Yunani di Italia Selatan, Arena. ia di lahirkan di Elea, maka penganutnya disebut kaum Elea. Kebesarannya sama dengan kebesaran Heraclitos. Ia lah yang pertama kali memikirkan tentang hakikat tentang ada (being).
Parmanides adalah salah
seorang tokoh relativusme yang penting. Dikatakan sebagai logikawan pertama
dalam sejarah filsafat, bahkan dapat disebut filosof pertama dalam pengertian
modern. Sistemnya secara keseluruhan disandarkan pada dedukasi logis, tidak
seperti Heraclitos, misalnya, yang menggunakan metode intuisi. Ternyata plato
amat menghargai metode parmenides itu. Dan Plato lebih banyak mengambil dari
Parmenides dibandingkan dengan dari filosof yang lain pendahulunya.
Ia berpendapat bahwa hanya pnegetahuan
ynag tetap dan umum yang mengenai yang satu sajlaah (pengetahuan budi) yang
dapat dipercaya. Pengetahuan budi itulah yang dapat dipercayai, kalau ia benar
maka sesuailah ia dengan realitas. sebab itu yang merupakan realitas bukanlah
yang berubah dan bergerak serta beralih dan bermacam-macam, melainkan yang
tetap. Realitas bukanlah yang menjadi melainkan ada. Hal ini berbeda dengan
pendapat Heraclitos yaitu bahwa realitas adalah gerak dan perubahan.
Dalam The way of Truth Parmanides
bertanya: Apa standar kebenaran dan apa ukuran realitas? Bagaimana hal itu
dapat dipahami? ia menjawab : ukurannya ialah logika yang konsisten. Contoh.
Ada 3 cara berfikir tentang Tuhan : pertama ada, kedua tidak ada, dan ketiga
ada dan tidak ada. Yang benar ialah ada (1) tidak mungkin meyakini yang tidak
ada (2) sebagai ada karena ayng tidak ada pastilah tidak ada. Yang (3) tidak
mungkin karena tidak mungkin Tuhan itu ada dan sekaligus tidak ada. Jadi,
benar-tidaknya suatu pendapat diukur dengan logika. Disinilah muncul masalah.
Bentuk ekstrem pernyataan itu adalah bahwa ukuran kebenaran adalah akal
manusia.
Yang ada (being) itu ada, yang ada
tidak dapat hilang menjadi tidak ada, dan yang tidak ada tidak mungkin muncul
menjadi ada, yang tidak adalah tidak ada, sehingga tidak dapat dipikirkan. Yang
dapat dipikirkan adalah hanyalah yang ada saja sedangkan yang tidak ada tidak
dapat dipikirkan. Jadi, yang ada (being) itu satu, umum, tetap dan tidak dapat
dibagi-bagi. Karena membagi yang ada akan menimbulkan atau melahirkan banyak
ada, dan itu tidak mungkin.yang ada dijadikan dan tidak dapat musnah.yang ada
di segala tempat, oleh karenanya tidak ada ruangan yang kosong , maka di luar
yang ada masih ada sesuatu yang lain.
7. Zeno
(± 490-430 SM)
Zeno lahir di Elea , dan murid dari Parmenides. Sebagai murid ia dengan gigih mepertahankan ajaran gurunya dengan cara memberikan argumentasi secara baik sehingga kemudian hari ia dianggap sebagai peletak dasar dialektika.
Menurut Aristoteles, Zeno lah yang
menemukan dialektika yaitu suatu argumentasi yang bertitik tolak dari suatu
pengandaian ayau hipotesa, dan dari hipotesa tersebut ditarik suatu kesimpulan.
Dalam melawan penentang-penentangnya kesimpulan yang diajukan oleh Zeno dari
hipotesa yang diberikan adalah suatu kesimpulan yang mustahil, sehingga
terbukti bahwa hipotesa itu salah.
Sebagai
contoh dalam mengemukakan hipotesis terhadap melawan gerak :
- Anak panah yang dilepaskan dari busurnya sebagi hal yang tidak bergerak, karena pada setiap saat panah tersebut berhenti di suatu tempat tertentu. Kemudian dari tempat tersebut bergerak ke suatu tempat pemberhentian yang lain dan seterusnya.. memang dikatakan anak panah tersebut meleset hingga sampai pada yang dituju, artinya perjalanan anak panah tersebut sebenarnya merupakan kumpulan pemberhentian-pemberhentian anak panah.
- Achilles si jago lari yang termasyur dalam mitologi Yunanitdak dapat menang melawan kura0kura, karena kura-kura berangat sebelum Achilles, sehingga Achileslebih dahulu harus melewati atau mencapai titik dimana dimana kura-kura berada pada saat ia berangkat.setelah Archles berada pada suatu titik, kura-kura tersebut sudah lebih jauh lagi seterusnya sehingga jarak antara Achiles dan kura-kura selalu berkurang akan tetapi idak pernah habis.
8. Empedocles
(490-435 SM )
Lahir di Akragos, Pulau Sicilia, ia sangat dipengaruhi oleh ajaran kaum Ptagorean dan aliran keagamaan refisme. Ia pandai dalam bidang kedokteran, penyair retorika, politik dan pemikir. Ia menulis karyanya dalam bentuk puisi , seperti Parmenides.
Dalam bukunya tentang alam dikatakan
oleh Empedocles bahwa sebenarnya tak ada menjadi dan hilang, ia mengikuti
Parmenides. Adapun perbedaan dalam seluruh keadaan itu tak lain adalah daripada
campuran dan penggabungan unsur-unsur (rizomata) : air. Udara. Api, dan atnah.
Keempat unsur inilah yang merupakan dasar terakhir dari segala sesuatu. Prosese
penggabungan ini terpelihara oleh dua kekuatan yang saling bertentangan, yaitu
cinta dan benci. Karena cinta maka pada mulanya keempt unsur tersebut tersusun
dalam keseimbangan , adapun bencilah yang mencerai beraikan keseimabangan yang
semula itu. Cinta lalu mengambil tindakan dan mengembalikan yang semula.tetapi
dicerai beraikan lagi oleh benci. Penegtahuan tidak lain daripada proses
pergabungan : karena tergabung dengan tanah, kita tahu akan tanah, tergabung
dengan air kta tahu akan air.
Dengan demikian, dalam kejadian di
alam semesta ini, unsur cinta dan benci selalu menyertai. Juga, proses
penggabungan dan penceraian tersebut berlaku untuk melahirkan anak-anak makhluk
hidup. Sedangakn manusia pun terdiri dari empat unsur (api, udara, tanah dan
air) juga mengenal akan empat unsur. Hal ini karena teori pnegenalan yang
dikemukakan oleh Empedocles bahwa yang sama mengenal yang sama.
9. Anaxagoras
(±499-20 SM )
Ia dilahirkan di kota Klazomenai, Lonia, kemudian menetap di Athena selama 30 tahun. Anaxagoras adalah ahli pikir yang pertama yang berdomisili di Athena , dimana dikemudia hari Athena inlah menjadi pusat utana perkembangan filsafat yunani samapi abad ke 2 SM.
Pemikirannya, realitas bukanlah satu ,
akan tetapi terdiri dari banyak unsur dan tidak dapat dibagi-bagi, yaitu atom.
Atom ini sebagai bagian dari materi yang terkecil dari materi sehingga tidak
dapat terlihat dan jumlahnya tidak terhingga.
Tentang terbentuknya dunia (kosmos),
atom-atom yang berbeda bentuknya saling terkait, kemudian digerakkan oleh
puting beliung. Semakin banyak atom yang bergerak akan menimbulkan pusat gerak
atom (atom yang padat).yang disebut realitas seluruhnya adalah sebagai suatu
campuran yang mengandung semua benih-benih. di dalam tiap benda mengandung
benih. Indera kita tidak dapat melihat semua benih yang ada di dalamnya. Hanya
bisa melihat benih yang dominan. Misalnya, kita melihat emas (yang telihat
emas, karena warna kuning yang dominan), walaupun benih-benih yang lain seperti
perak, besi, tembaga terdapat didalamnya.
Pemikirannya tentang nus, bahwa
apa yang dikemukakan oleh Empedocles tentang cinta dan benci yang menyebabkan
adanya penggabungan dan penceraian, maka Anaxagros mengemukakan yang
menyebabkan benih-benih menjadi kosmos adalah nus, yang berarti roh
atau rasio, tidak tercampur dengan benih-benih dan terpisah dari semua benda.
Oleh karena ajrannya tentang nus inilah Anaxagoras untuk pertama
kalinya dalam filsafat dikenal adanya perbedaan antara jasmani dan yang rohani.
10.
Democritos
(460-370 SM)
Ia lahir di kota Abdera di pesisir Thrake di Yunani Utara. Karena ia berasal dari keluarga yang kaya raya, maka dengan kekayaannya itu ia bepergian ke Mesir dan negeri –negeri Timur lainnya. Dari karya-karyanya ia telah mewariskan sebanyak 70 karangan tentang bernacam-macam masalah seperti, kosmologi, matematika, astronomi, logika, etika, teknik, mesin, puisi dan lain-lain. Sehingga ia dipandang sebagai seorang sarjana yang menguasai banyak bidang.
Pemikirannya, bahwa realitas bukanlah
satu, tetapi terdiri dari banyak unsur dan jumlahnya tak terhingga. Unsur-unsur
tersebut merupakan bagian materi yang sangat tidak dapt dibagi-bagi lagi. Unsur
tersebut dikatakan sebagai atom yang berasal dari satu dari yang lain karena
ini tidak dijadikan dan tidak dapat dimusnahkan, tidak berubah dan tidak
berkualitas.
Menurut pendapatnya, atom-atom itu
selalu bergerak, berarti harus ada ruang yang kosong. Sebab satu atom hanya
dapat bergerak dan menduduki satu tempat saja. Sehingga Democratos berpendapat
bahwa realitas itu ada dua, yaitu : atom itu sendiri (yang patuh) dan ruang
tempat atom bergerak (kosong).
Democritos
pun membedakan adanya dua macam pengetahuan, yaitu pengetahuan indera yang
keliru dan pengetahuan budi yang sebenarnya.”ada dua pengetahuan katanya,
pengetahuan yang sebenarnya dan pengetahuan yang tidak sebenarnya. Adapun yang
tidak sebenanya adalah penglihatan, penciuman, rasa”.
Sokrates dikenal sebagai orang yang berbudi luhur, arif, dan bijaksana, namun ia tak pernah mengakuinya. Menurutnya filsafat bermula pada “Jika seorang belajar bagaimana meninjau kembali kepercayaan yang sejak kecil dianut”. Paham etika Sokrates merupakan kelanjutan dari metode induksi dan definisi. Ajaran filosofinya tidak pernah dituliskannya melainkan dilakukan dengan perbuatan dengan cara hidup.
Menurut pemikiran filsafatnya, dunia lahir adalah dunia pengalamanyang selalu berubah-ubah dan berwarna-warni, semua itu adalah bayangan dari dunia ideal. Sebagai konsep dari pandangannya tentang dunia ideal dalam masalah etika ia berpendapat bahwa orang yang berpengetahuan dengan pengertian yang bermacam-macamsampai pengertian tentang idenya dengan sendirinya akan berbuat baik.
Pokok filosofi Plato adalahmencari pengetahuan tentang pengetahuan, ia bertolak dari ajaran gurunya Socratusyang mengatakan budi ialah tahu. Budi yang berdasarkan pengetahuan menghendaki suatu ajaran tentang pengetahuan sebagai dasar filosofi. Pertentangan antara fikiran dan pandangan menjadi ukuran bagi Plato. Pengetahuan bukan dari pengalaman, karena pengalaman hanya alasan untuk menuju pengertian yang diperoleh atas usaha akal sendiri
11. SOKRATES
(470-399 SM)
Kehadiran filosof Yunani klasiksama dengan
kehadiran raksasa yang menggoncang bumi berbagai pandangan para filosof Yunani.
Merupakan motifasi kuat intuk bangkit kembalidari ilmu pengetahuan yang sangat
lemah. Sokates lahir di Athena pada tahun 470 SM dan meninggal 399 SM.
Filsafatnya adalah suatu reaksi dan suatu kritik terhadap pemikiran kaum Sofis.
Sokrates pernah dimasukkan dalam penjara karena pendapat dan ajarannya. Adapun
alsafah pemikiran Sokrates diantaranya adalah pernyataan adanya kebenaran
positif yaitu yang tidak bergantung kepada aku dan kita.
Dalam membenarkan
kebenarannya Sokrates menggunakan metode-metode tertentu yang dikenal dengan
metode dialektika (bercakap-cakap). Dari metode dialektikanya ia menemukan dua
penemuan metode yang lain yaitu induksi dan definisi. Induksi mana kala
pemikiran bertolak dari pengetahuan yang khusus lalu menyimpulkan
kepengertian-pengertian yang umum sedangkan definisi pembentukan pengertian
yang berlaku universal.
Sokrates dikenal sebagai orang yang berbudi luhur, arif, dan bijaksana, namun ia tak pernah mengakuinya. Menurutnya filsafat bermula pada “Jika seorang belajar bagaimana meninjau kembali kepercayaan yang sejak kecil dianut”. Paham etika Sokrates merupakan kelanjutan dari metode induksi dan definisi. Ajaran filosofinya tidak pernah dituliskannya melainkan dilakukan dengan perbuatan dengan cara hidup.
12. PLATO
(428 SM – 347 SM)
Lahir pada tahun 428 SM di Athena dan meninggal
pada tahun 347 SM. Tujuan hidup manusia adalah eudaimonia (hidup yang baik)
untuk mencapainya manusia harus mendapatkan pendidikan sebagaimana Sokrates ia
menggunakan metode dialog untuk mengantarkan filsafatnya, namun kebenaran umum
(devinisi) menurutnya bukan dibuat dengan cara dialog yang induktif sebagaimana
cara yang digunakan Sokrates.
Menurut pemikiran filsafatnya, dunia lahir adalah dunia pengalamanyang selalu berubah-ubah dan berwarna-warni, semua itu adalah bayangan dari dunia ideal. Sebagai konsep dari pandangannya tentang dunia ideal dalam masalah etika ia berpendapat bahwa orang yang berpengetahuan dengan pengertian yang bermacam-macamsampai pengertian tentang idenya dengan sendirinya akan berbuat baik.
Pokok filosofi Plato adalahmencari pengetahuan tentang pengetahuan, ia bertolak dari ajaran gurunya Socratusyang mengatakan budi ialah tahu. Budi yang berdasarkan pengetahuan menghendaki suatu ajaran tentang pengetahuan sebagai dasar filosofi. Pertentangan antara fikiran dan pandangan menjadi ukuran bagi Plato. Pengetahuan bukan dari pengalaman, karena pengalaman hanya alasan untuk menuju pengertian yang diperoleh atas usaha akal sendiri
13. ARISTOTELES
(384 – 322 SM)
Berasal dari Stageira di daerah thrake, Yunani
utara, belajar dalam Akademi Plato di Anthena, tinggal di sana sampai plato
wafat. 2 tahun mengajar pangeran Alexander Agung, lalu kemudian Ia mendirikan
sekolah bernama Lykeion (dilatinkan Lyceum) .
Aristoteles lebih kearah ilmu
pengetahuan yang sedapat mungkin menyelidiki dan mengumpulkan data kongkret.
Kritik tajam ditujukan pada Plato tentang ide-ide, jadi manusia yang kongkret
aja. Ia berpendapat setiap jasmani terdiri 2 hal yaitu bentuk dan materi, Namun
yang dimaksudkannya bentuk materi dalam arti metafisika. Materi menurutnya
adalah materi yang pertama (hyle prote). dengan kata pertama dimaksudkan bahwa
meteri sama sekali tidak ditentukan. Dengan kata pertama materi pertama selalu mempunyai
salah satu bentuk Bentuk (morphe) ialah perinsip yang menentukan. Karena materi
pertama suatu benda merupakan benda kongkret mempunyai kodrat tertentu,
termasuk jenis tertentu (pohon misalnya bukan binatang) dan akibatnya dapat di
kenal oleh rasio kita. Dengan itu kiranya jelas bahwa buat nya ilmu pengetahuan
dimungkinkan atas dasar bentuk yang terdapat dalam setiap benda kongkret.
Teori
ini dinamakan Hilemorfisisme ( berdasarkan kata yunani Hyle dan morphe) menjadi
dasar ia melihat manusia. Sehingga bila manusia mati dapat disimpulkan maka
jiwanya pun mati .
0 comments:
Posting Komentar